Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Dengan Investasi di Asuransi Pendidikan

Adalah merupakan salah produk asuransi dimana yang bertujuan untuk memastikan tersedianya sejumlah dana pada saat buah hati kita akan melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi (dari SD-SMP-SMA-Perguruan Tinggi)

Kenapa harus memilih asuransi pendidikan, padahal saat ini tersedia produk dana-dana pendidikan lain.

Asuransi pendidikan itu selain memastikan sejumlah dana tersedia juga memberikan perlindungan asuransi terhadap orangtuanya. Sehingga dengan kehadiran atau tanpa kehadiran orang tua dana pendidikan itu suatu hari akan tercapai. Sehingga dapat disimpulkan asuransi pendidikan mempunyai kelebihan dibandingkan dengan tabungan pendidikan yang biasa. Manfaat ini dapat anda temukan di Pruparent payor 33

Bagaimana caranya supaya investasi dalam asuransi pendidikan ini dapat di maksimalkan sehingga dapat mencukupi untuk dana pendidikan anak kita nanti ?

Kita tau bahwa dana pendidikan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya, maka kita perlu memaksimalkan nilai investasi kita. Caranya antara lain dengan memilih instrument investasi yang tepat. Sebelum memilih instrumen investasi yang tepat, kita perlu tahu berapa lama jangka waktu yang kita punya dimulai dari sekarang dibutuhkan dana pendidikan tersebut. Berapa besar dana pendidikan yang kita butuhkan. Seberapa besar nilai dana pendidikan tersebut kita juga harus memperhatikan faktor inflasi. Faktor inflasi yaitu kenaikan biaya pendidikan dari waktu ke waktu. Inflasi untuk dana pendidikan di Indonesia tergolong tinggi mencapai 2 digit sekitar 10%-15% per tahun, itu berarti anda membutuhkan intrumen investasi yang imbal hasilnya harus sama dengan atau lebih besar dari tingkat inflasi tersebut. Dengan demikian menyimpan dana pendidikan di tabungan (tingkat bunga sekitar 3% /tahun) atau deposito (tingkat bunga 7-8% /tahun) sangat tidak dianjurkan.

Tentunya sebagai calon nasabah kita bisa meminta bantuan agen asuransi yang berlisensi AAJI untuk bisa memberikan penjelasan lebih detail agar dapat mengantisipasi terjadinya kenaikan, walaupun kita sudah buat planning pada hari ini tetapi kita tau 10 atau 15 tahun yang akan datang biaya pendidikan akan seperti apa, sehingga mulai dari sekarang membuat persiapan memastikan 15 tahun mendatang bahwa uang dana pendidikan tersebut cukup untuk mengcover pendidikan anak kita. Intinya supaya jangan sampai meleset.

Bagaimana dengan pendapat membeli asuransi pendidikan itu merugikan.

Saya tidak setuju bahwa memiliki produk asuransi atau memiliki sebuah program perencanaan keuangan itu membuat kita rugi. Artinya mungkin banyak orang yang tidak mengerti bahwa produk asuransi pendidikan itu seperti kelebihan-kelebihannya, manfaatnya apa saja. Oleh karena itu penting bagi nasabah atau calon nasabah pada saat sebelum ia memutuskan membeli asuransi pendidikan dia harus mendapatkan penjelasan dengan detail dari agen asuransi. Artinya kita memutuskan sesuatu yang kita tau jelas apa yang kita beli, dan pastinya sesuaikan dengan kebutuhan dan seimbangkan juga dengan kemampuan.

Supaya imbal hasilnya akan maksimal apa yang harus kita lakukan.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk asuransi investasi ada beberapa instrument-instrumen investasi yang bisa kita pilih untuk memaksimalkan imbal hasil. Anda dapat memilih sendiri dana investasi Prudential yang tepat untuk anda sesuai dengan tingkat resikonya. Anda dapat membaca Dana Investasi PRUlink yang dapat Anda pilih. Faktor jangka waktu juga mempengaruhi. Kalau jangka waktunya terlalu pendek tentu akan mempengaruhi imbal hasilnya.

Biasanya anak membutuhkan dana pendidikan pada usia 18 tahun untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Jika orang tua membeli asuransi pendidikan untuk anak di usia 2 tahun maka pasti imbal hasil investasinya akan berbeda dengan membeli asuransi pendidikan untuk anak 12 tahun. Imbal hasil yang diperoleh anak usia 2 tahun lebih besar dari anak yang berusia 12 tahun. Oleh karena itu orang biasanya membeli produk asuransi pendidikan itu sejak dini, pada saat anak usianya masih sangat muda atau baru lahir, kemudian kita sudah membuat perencanaan dana pendidikan sang anak untuk kuliah.

Semakin awal anda mempersiapkan dana pendidikan untuk anak anda maka semakin pasti mimpi dan cita-cita anak anda terwujud untuk menimba ilmu di perguruan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *