Istilah Yang Terdapat di Dalam Polis Asuransi Jiwa

Tidak hanya tubuh anda yang harus sehat, polis asuransi anda-pun harus sehat pula. Jika polis anda sehat, maka manfaat akan terus berjalan. Jika tak sehat, maka polis anda akan lumpuh & manfaat-pun berhenti. Untuk mengetahui kesehatan suatu polis, anda harus mengerti status polis
anda saat ini. Ada 2 status yang harus diketahui:

IN FORCE

Adalah status di mana polis asuransi berlaku, sehat, aktif, dan mengikat secara hukum. Jika polis anda berada dalam status ini, anda patut tenang, karena anda terproteksi. Polis anda bisa digunakan untuk mengajukan klaim jika terjadi sesuatu dengan anda sesuai dengan manfaat & ketentuan yang berlaku dalam polis. Agar status polis selalu aktif maka kita harus selalu membayar premi tepat waktu. Lalu bagaimana jika kita telat bayar? Jika saat jatuh tempo kita belum bayar premi, maka Prudential akan mengirimkan surat pemberitahuan dan polis kita akan tetap aktif hingga 45 hari. Masa 45 hari ini dinamakan Masa Tenggang (Grace Periode). Segera lakukan pembayaran dalam masa tenggang. Jika lebih dari 45 hari, maka status polis kita akan berubah menjadi LAPSE.

LAPSE

Adalah status dimana Polis asuransi tidak aktif karena dihentikan oleh perusahaan asuransi. Penghentian dilakukan karena premi tidak dibayar setelah melewati masa tenggang. Jika polis anda dalam status ini, maka anda tidak bisa melakukan klaim apapun atau dengan kata lain perusahaan asuransi tidak berkewajiban untuk membayar klaim atas tertanggung. Agar status polis anda aktif kembali (IN FORCE) maka anda harus mengajukan pemulihan.

Tata cara mengajukan pemulihan adalah: membayar premi yang belum lunas, memberikan riwayat kesehatan selama dalam status LAPSE (misalnya pernah dirawat dimana, sakit apa, dokter siapa), dan mengisi formulir pemulihan polis. Jika polis dalam pemulihan maka, prosesnya akan mengulang dari awal lagi (seperti pada waktu polis terbit/issued) bagi anda yang memiliki riders tertentu yang mempunyai masa tunggu.

Contohnya : anda memiliki riders sakit kritis (mis. CCB) dan polis anda LAPSE. Seperti kita ketahui semua riders kritis termasuk CCB memiliki masa tunggu 90 hari. Dengan demikian untuk pemulihan anda harus mengulang lagi masa tunggu 90 hari tersebut, dan anda harus mengisi riwayat kesehatan terbaru selama polis asuransi anda dalam kondisi lapse. Ribet bukan?, oleh karena itu pastikan polis anda dalam status aktif (IN FORCE). Apakah ketentuan ini hanya berlaku di Prudential saja ? jawabannya tidak, semua perusahaan asuransi menerapkan aturan seperti ini. Jika anda menemukan perusahaan asuransi yang tidak menerapkan aturan seperti ini justru anda harus curiga, jangan-jangan nanti kalau klaim kesehatan tidak di bayar.

Untuk mengetahui status polis asuransi Prudential anda saat ini, anda bisa melihatnya di laporan pernyataan transaksi yang biasa dikirim oleh Prudential kepada anda, baik lewat surat maupun email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *